Cara Memulai Belajar Pemrograman

Hai semuanya, kembali lagi bersama saya Rony. Pada artikel sebelumnya kita telah Berkenalan dengan Dunia Coding atau Pemrograman, lalu bagaimana cara memulai belajar pemrograman ? Pada artikel ini kita akan membahas mengenai Cara Memulai Belajar Pemrograman

 

Cara Memulai Belajar Pemrograman

 

Sebenarnya ada berbagai cara untuk belajar pemrograman dan cara belajar masing-masing orang tentunya berbeda-beda, untuk itu penulis akan memberikan pendapat pribadi mengenai cara belajar pemrograman, antara lain :

 

1. Niat

Yang pertama adalah Niat, yah tentunya sebelum melakukan sesuatu kita pasti ada niat untuk melakukannya sama halnya dengan belajar pemrograman, Niat merupakan faktor penting untuk kedepannya, asalkan ada niat dan kemauan belajar yang kuat pasti akan bisa pemrograman walaupun sebelumnya kamu sama sekali belum ngerti apa itu pemrograman dan gimana cara belajarnya. Jadi sudah adakah niat untuk belajar pemrograman ?

 

2. Pelajari Logika Algoritma

Yang kedua adalah pelajari logika algoritma terlebih dahulu, kenapa ? karena logika algoritma penting untuk memahami alur kerja berbagai bahasa pemrograman yang bermacam-macam. Artikel tentang logika algoritma sudah banyak di google, kamu bisa cari mulai dari definisi, fungsi, contoh kasus dan sebagainya. Tentunya kamu juga harus mulai menyukai matematika karena kedepannya akan ada logika matematika didalam proses belajar pemrograman. Jadi coba pelajari logika algoritma terlebih dahulu oke ?


3. Tentukan Bahasa Pemrograman Pertama

Yang ketiga adalah menentukan bahasa pemrograman pertamamu, ada berbagai bahasa pemrograman diluar sana untuk itu kamu harus menentukan satu bahasa pemrograman yang akan kamu pelajari. Misal kamu memilih bahasa pemrograman PHP sebagai bahasa pemrograman pertamamu jadi kamu lebih baik fokus untuk mempelajarinya. Kamu bisa mencari referensi tentang memilih bahasa pemrograman pertama. Sudah bisakah memilih bahasa pemrograman pertamamu ?

 

4. Perbanyak Referensi

Yang keempat adalah memperbanyak referensi, kenapa ? karena semakin banyak kita membaca semakin banyak pula kita tahu. Misal kamu sedang fokus belajar bahasa pemrograman PHP, dengan mencari referensi di buku maupun internet akan menambah informasi mengenai bahasa pemrograman PHP. Kamu dapat menggunakan bahasa inggris untuk mendapat referensi yang lebih banyak mengenai pemrograman. Jadi sudah siapkah perbanyak referensi dan membaca ?

 

5. Perbanyak Latihan

Yang kelima adalah memperbanyak latihan, kenapa ? karena jika hanya membaca saja akan sangat kurang karena dalam belajar pemrograman, memperbanyak jam terbang (  waktu untuk latihan ) sangat penting terutama untuk yang baru pertama kali belajar pemrograman. semakin banyak latihan maka semakin banyak pula error yang akan kamu dapatkan, lho kok malah dapat error sih ? ya memang seperti itulah pemrograman disinilah kamu akan di uji apakah mudah menyerah atau tidak dalam memecahkan masalah atau error tadi. Tentunya jika sudah kamu sudah berniat pasti tidak akan cepat nyerah, dan perlu diketahui semakin banyak error yang dapat kamu selesaikan maka semakin tambah banyak ilmu baru yang akan didapatkan. Jadi jangan nyerah ya kalau ada error :)

 

6. Join Group/Komunitas

Yang terakhir adalah gabung ke group atau komunitas pemrograman, manfaatkan social mediamu untuk belajar pemrograman. Di indonesia sudah banyak group atau komunitas di berbagai bahasa pemrograman, kamu tinggal memilih gabung group/komunitas sesuai bahasa pemrograman yang sedang kamu pelajari atau gabung ke semua group/komunitas pemrograman yang ada. kenapa harus gabung ? karena saat sedang latihan kamu menemukan error dan ketika sudah cari referensi tetapi masih tetap error, kamu bisa bertanya ke group/komunitas pemrograman terkait masalah error tersebut. Selain itu kamu bisa bertanya tips, tutorial, sharing pengalaman dan sebagainya. Sangat menguntungkan bukan ?

 

Terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat :)